Sejarah Berdirinya Real Madrid FC

Dengan sederet pemain yang dimiliki, adalah hal yang wajar ketika Real Madrid digemari banyak orang dari berbagai kalangan di seluruh penjuru dunia. Mungkin kita adalah salah satu diantaranya, dan jika memang demikian, penting untuk mengetahui sejarah dari berdirinya klub berjuluk Los Blancos tersebut.

Sejarah Berdirinya Real Madrid FC

Pada tahun 1987, saat penduduk di Kota Madrid masih belum mengenal sepakbola sama sekali, sekelompok profesor dan pelajar Institución Libre de Enseñanza kemudian memperkenalkan olahraga ini dengan mendirikan sebuah klub sepakbola bernama Football Club Sky di tahun yang sama. Tapi hanya selang 13 tahun kemudian, klub tersebut terpecah menjadi dua, menjadi New Foot-Ball de Madrid dan Club Español de Madrid.

Di tahun 1902, Club Espanol de Madrid lantas kembali terpecah menjadi dua bagian lagi, dengan satu bagian lagi bernama Madrid Football Club, tepatnya pada tanggal 6 Maret 1902. Tiga tahun setelah resmi dibentuk , Madrid FC memenangi gelar juara pertama mereka dengan mengalahkan Athletic Bilbao pada partai final Piala Spanyol saat itu.

Pada 4 Januari 1909, Madrid FC jadi pendiri dari Asosiasi Sepakbola Spanyol, dimana Asosiasi tersebut saat itu dipimpin oleh Adoflo Melendez. Pada tahun 1920, nama Madrid FC kemudian dirubah menjadi Real Madrid, dengan kata ‘Real’ sendiri berasal dari kata ‘Royal’ atau kerajaan.

Sembilan tahun kemudian liga sepakbola Spanyol pertama didirikan. Si Putih meraih gelar Primera Liga Spanyol pertama tahun 1931, tahun berikut meraihnya lagi, dan menjadi klub pertama yang dua kali berturutan meraih gelar liga. Tahun 1945 Santiago Bernabeu Yeste menjadi presiden. Di masa kepemimpinannya, Stadion Santiago Bernabeu dan Ciudad Deportiva dibangun kembali, setelah rusak pada perang sipil. Tahun 1953, Bernabeu memperkenalkan strategi memboyong pemain berkelas dunia dari luar negeri.

Dari tahun ke tahun sampai sekarang ini, Real Madrid dikenal sebagai klub yang bertaburkan pemain bintang dengan sederet gelar juara yang memenuhi lemari di musim mereka.