Perjalanan Karir Jose Mourinho

Pelatih asal portugal yang memang tidak bisa dipungkiri lagi merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia yaitu Jose Mourinho sejak akhir musim lalu telah resmi kembali menjadi pelatih Chelsea. Pelatih yang terkenal dengan taktik nya yang jitu ini jelas dinanti-nanti para penggemar The Blues. Perjalanan karirnya sebagai pelatih sepak bola cukup panjang di usianya yang masih muda, ia bahkan sempat lebih dulu menjadi pemain sepak bola dan menjadi asisten pelatih dari Barcelona, benarkah demikian? Simak saja sekilas perjalanan karir pelatih yang dijuluki The Happy One ini.

Perjalanan Karir Jose Mourinho | Berita Sepak Bola

Karir Pemain Sepak Bola

Pelatih asal portugal kelahiran 26 January 1963 ini ternyata sempat aktif bermain sebagai pemain sepak bola, ia menggeluti karir olah raga 11 pemain ini pad tahun 1980 silam, dimana saat itu ia menjadi seorang gelandang tengah, sempat membela beberapa klub di Portugal seperti Rio Ave, Belenenses, dan Sesimbra. Mou sukses mencetak 13 gol sepanjang karirnya bermain sepak bola

Karir Sebagai Pelatih

Asisten Pelatih

Mou sebenarnya mengawali karirnya sebagai asisten pelatih, ia memulai profesi itu sejak tahun 1992 silam, ketika itu ia menjadi asisten pelatih dari Sporting CP, Kemudian di tahun 1993 hingga tahun 1996 ia menjadi asisten dari pelatih FC Porto, dan di Tahun 1996 hingga 2000 ia menjadi asisten dari pelatih Barcelona yang mana pada masa itu barca berada dibawah kepelatihan Louis Van Gaal.

Pelatih

Jose Mourinho baru memulai karirnya sebagai pelatih di tahun 2000, ia menjadi pelatih untuk klub benfica FC, dan kemudian lanjut di tahun 2001 ia menjadi pelatih dari klub UniĆ£o de Leiria. Setahun kemudian, akhirnya pelatih asal portugal ini menunggangi FC Porto, dan disinilah awal mula masa keemasan Mourinho.

Bersama FC Porto, Mou berhasil mempersembahkan Trebble Winner di tahun 2004 salah satu piala paling bergengsi yaitu Liga Champions berhasil didapatkan anak asuh mou di Porto.

Di tahun 2004, Chelsea sebagai klub papan atas liga inggris memutuskan untuk menggaet mou dari Porto, di klub ini ia memang berhasil mempersembahkan beberapa gelar termasuk gelar juara EPL, sayang gelar liga champions masih belum bisa ia dapatkan.

Tahun 2007 akhirnya mourinho memutuskan untuk istirahat dari karirnya sebagai pelatih sepak bola, dan setelah itu di tahun 2008 ia kembali aktif dengan melatih FC internazionale. Di musim ketiga nya sebagai pelatih inter mou berhasil mempersembahkan gelar Trebble Winner kepada Inter, yaitu Gelar Serie A Italia, Coppa Italia dan Juara Liga Champions.

Di tahun itu juga, Mou pindah melatih Real Madrid, namun sayangnya karirnya di real madrid tak seberntung karirnya di Inter Milan, di musim ketiganya, ia tidak bisa mendatangkan satu gelar pun kepada madrid, hingga akhirnya ia didepak dari Santiago Bernabeu dan kini melatih The Blues Chelsea.

Incoming search terms:

  • karir jose maurinho
  • karir kepelatihan mourinho
  • asal usul mou
  • awal karir jose mourinho
  • karir kepelatihan morinho
  • karir morinho di chelsea
  • karir mourinho
  • Karir mourinho jd pelati sepak bola
  • karir pelatih mourinho
  • mourinho jadi pelatih barcelona
Tags:

Rate this article!

Related Posts